KEPALA DINAS SOSIAL PROVINSI SULSEL

Dr. H. Ilham A. Gazaling, M.Si

Profil

Bimbingan dan Penyuluhan Kesejahteraan Sosial Tahun 2016 Dinas Sosial Prov. SulSel

Minggu 24 Apr 2016 - 0
Post

Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Sosial Tahun 2016 dengan melibatkan peserta dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 hari, sejak tanggal 21 sampai dengan 23 April 2016 yang bertempat di Grand Palace Hotel, Jl. Tentara Pelajar Makassar. Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Prov. SulSel dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Sosial Prov. SulSel menyatakan bahwa penyuluhan sosial merupakan bagian dari sistem pembangunan kesejahteraan sosial, karena penyuluhan sosial merupakan gerak awal yang sekaligus merupakan proses atau tahapan kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial. 

Oleh karena itu kehadiran tenaga penyuluhan sosial memiliki arti penting dan strategis karena dapat memerankan fungsinya dalam memberikan penyuluhan terhadap masyarakat sebagai sasaran pembangunan kesejahteraan sosial maupun kepada masyarakat lain yang berada di sekitar mereka karena proses pembangunan kesejahteraan sosial harus berjalan secara terpadu dan tidak dapat dilaksanakan secara sendiri atau terpisah dari program lainnya. Dengan memberikan penyuluhan sosial secara persuatif, pemerintah berharap, agar pembangunan kesejahteraan sosial tidak semata dilaksanakan secara simbolis semata atau asal mengejar target secara fisik saja, melainkan harus dapat memberikan nilai yang substantif dapat meningkatkan kesejahteraan sosialnya secara mendasar dan signifikan sebagai bagian dari hak asasinya.

Kepala Dinas Sosial Prov. SulSel juga menyatakan juga menyatakan bahwa keberadaan komponen strategis dalam masyarakat sbagai penunjang utama kesejahteraan sosial, seperti TKSK,PSM,ORSOS/LSM dan WKSBM, tokoh wanita bidang kesejahteraan sosial telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi keberlangsungan pembangunan kesejahteraan sosial terutama di Sulawesi Selatan, oleh karena itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi terhadap sumbangsih yang diberikan oleh mereka selama ini dan tentu saja pemberdayaan bagi mereka akan kita teruskan ke masa-masa yang akan datang.

Keberadaan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan di setiap kecamatan mempunyai peran startegis karena merekalah yang menjadi komponen terdepan yang diharapkan cepat memberikan respon terhadap permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Kita menyadari pula, bahwa fungsi tksk memang bukan sebagai orang yang dapat membantu semua persoalan yang dihadapi masyarakat, namun kita tetap berharap bahwa mereka dapat merespon dengan cepat berbagai masalah yang terjadi seperti terjadinya bencana alam,kebakaran dan angin putting beliung dan lain-lain sehingga informasi awal yang akurat cepat sampai kepada aparat terkait untuk segera mendapat respon dan tindak lanjut sebagaimana mestinya.

Bagikan Berita Ini

KOMENTAR